Info Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI 2013

Info Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI 2013
Penerimaan Mahasiswa Baru UNRI 2013 - Universitas Riau (UNRI) untuk tahun 2013 kembali menerima calon mahasiswa baru. Adapun penerimaan mahasiswa baru di UNRI 2013 mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Selengkapnya, dikutip dari laman resmi UNRI, berikut info penerimaan mahasiswa baru UNRI 2013.

www.unri.ac.id - Universitas Riau (UR) kembali menerima calon mahasiswa untuk tahun 2013. Penerimaan mahasiswa baru di UR mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun 2012 UR hanya membuka penerimaan melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) dan jalur Ujian Mandiri, maka tahun 2013 UR membuka penerimaan calon mahasiswa melalui tiga jalur, yakni SNMPTN, Ujian Mandiri, dan Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN).

Berdasarkan hasil pertemuan Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan bahwa seleksi nasional menjadi tanggung jawab pemerintah, sedangkan seleksi dalam bentuk lain menjadi tanggung jawab Rektor Perguruan Tinggi Negeri masing-masing.

Biaya pelaksanaan SNMPTN 2013 ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Sementara untuk jalur SMBPTN dan Ujian Mandiri, biaya pendaftarannya dibebankan kepada calon mahasiswa. Hal ini dijelaskan oleh Pembantu Rektor I Prof Dr Ir H Aras Mulyadi DEA, beberapa waktu lalu.

"Biaya SNMPTN tahun ini ditanggung oleh pemerintah, sementara Jalur SMBPTN dan Ujian Mandiri biayanya dibebankan kepada calon mahasiswa," jelasnya. Pada penerimaan mahasiswa baru ini, lanjut Aras, jumlah yang diterima UR pada jalur SNMPTN hanya 50 persen, jalur SMBPTN 30 persen, dan jalur Ujian Mandiri 20 persen.

Pada jalur SNMPTN, semua pelajar tingkat Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLTA) yang telah lulus ujian nasional punya kesempatan untuk ikut SNMPTN. Jika pada 2012 seleksi dilaksanakan dalam bentuk ujian tulis, maka pada 2013 menggunakan sistem penilaian rapor dan prestasi lainnya selama belajar di SLTA.

"Untuk itu, Kepala Sekolah diwajibkan mengisi data sekolah dan siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) melalui http://pdss.snmptn.ac.id. Perguruan tinggi akan menyeleksi calon mahasiswa baru berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya mengacu pada PDSS yang berisi rekam jejak sekolah dan prestasi akademik lainnya,” lanjut Ketua Panitia Lokal SNMPTN Propinsi Riau ini.

Pengisian PDSS dilakukan pada tanggal 17 Desember 2012 s/d 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester. Pendaftaran pada tanggal 1 Februari s/d 8 Maret 2013, proses seleksi tanggal 9 Maret s/d 27 Mei 2013, pengumuman hasil seleksi tanggal 28 Mei 2013, dan pendaftaran ulang yang lulus seleksi tanggal 11 s/d 12 Juni 2013.

Setiap siswa pelamar bisa memilih sebanyak-banyaknya dua PTN yang diminati, namun satu dari dua PTN tersebut harus berada di provinsi yang sama den SLTA asalnya atau provinsi terdekat, tetapi tidak boleh memilih dua PTN dalam satu provinsi.

Selanjutnya, pelamar akan diseleksi melalui dua tahap; Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi pada PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi. Apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Informasi lebih lengkap dan segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Tahun 2013 bisa diakses di laman http://snmptn.ac.id.

Pada jalur Ujian Mandiri, UR membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa melalui Penelusuran Bibit Unggul Daerah dan Penenelusuran Bakat dan Minat (PBUD dan PBM) dan melalui Ujian Tulis. PBUD merupakan cara penjaringan yang didasarkan kepada derajat keberhasilan siswa SLTA selama mengikuti pendidikannya. Sementara PBM adalah penjaringan yang didasarkan pada minat dan bakat dibidang olahraga dan seni minimal Tingkat Provinsi dengan tetap memperhatikan aspek kemampuan akademik.

PBUD dan PBM yang dilaksanakan UR terdiri dari tiga kategori. Pertama, PBUD dan PBM untuk semua lulusan SLTA di wilayah Provinsi Riau dan terbuka untuk memilih program studi yang ada di UR.

Kedua, untuk semua lulusan SLTA di Provinsi Kepulauan Riau dan terbuka untuk memilih program studi yang ada di UR kecuali untuk Fakultas Kedokteran dan Program Studi Ilmu Keperawatan.

Ketiga, terbuka bagi semua lulusan SLTA di wilayah Sumatera/Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Banten diberikan kesempatan untuk mengikuti penjaringan calon mahasiswa hanya untuk program studi yang ada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Untuk jadwal PBUD, Pembayaran bisa dilakukan pada seluruh cabang BNI 46 tanggal 1 Februari s/d 30 Maret 2013. Pendaftaran atau pengisian biodata secara online melalui website http://pbud.unri.ac.id tanggal 1 Februari s/d 2 April 2013. Pengiriman rekomendasi dari sekolah ke Universitas Riau tanggal 4 Februari s/d 4 April 2013. Dan pengumuman calon peserta yang diterima melalui website http://pbud.unri.ac.id menunggu jadwal SNMPTN 2013.

Untuk syarat pendaftaran serta prosedur pendaftaran PBUD dan PBM bisa mengakses website http://pbud.unri.ac.id.

Selain PBUD dan PBM, pada jalur Ujian Mandiri juga ada ujian tulis. Sementara pada jalur SMBPTN, UR juga membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa melalui ujian tulis. Namun untuk jadwal dan prosedur penerimaannya belum ditentukan. Informasi penerimaan jalur ini nanti akan disampaikan melalui website resmi http://unri.ac.id. (Mukmin-HUMAS UR / BPTIK UR)

Sumber resmi info penerimaan mahasiswa baru UNRI 2013 dapat dilihat di sini. Semoga bermanfaat.

0 Comment :

Poskan Komentar

Terima kasih atas saran dan komentar membangun yang disampaikan. Komentar yang mengandung SARA, SPAM, Link Aktif dan Promosi, dengan segala maaf akan dihapus!