RUU Aparatur Sipil Negara (ASN)

RUU Aparatur Sipil Negara (ASN)
RUU Aparatur Sipil Negara (ASN) - RUU ASN belakangan telah menjadi perbincangan hangat. Wacana tentang RUU ASN atau Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara mencuat dikarenakan akan adanya rencana sejumlah perubahan yang akan terjadi dengan sistem kepegawaian di Indonesia.

RUU ASN merupakan rencana perubahan dari Undang-Undang yang mengatur tentang kepegawaian yang pernah ada yakni Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian.

RUU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nantinya akan membawa perubahan mendasar pada sistem birokrasi indonesia ini, saat ini memang telah menjadi buah bibir dan perbincangan para akademisi, pemerhati, dan pelaksana administrasi negara sejak selama belakangan terakhir.

Adanya RUU Aparatur Sipil Negara (ASN) ini tentu tidak langsung diterima semua pihak. Sebelum RUU ASN disahkan menjadi UU ASN, akan ada beberapa hal yang harus diklarifikasi dan juga disepakati dalam RUU ini.

Di dalam naskah akademik RUU Aparatur Sipil Negara (ASN) disebutkan RUU Aparatur Sipil Negara mengandung ketentuan ketentuan pokok tentang manajemen profesi Aparatur Sipil Negara yang mencakup ketentuan ketentuan mengenai norma norma dasar, etika profesi untuk Aparatur Sipil Negara, kualifikasi dan standar kompetensi untuk tiap tiap jabatan dalam profesi Aparatur Sipil Negara, pengadaan, pembinaan, pemberhentian, penggajian dan kesejahteraan, dan penyelesaian sengketa antara pegawai dan atasan, serta tata kelembagaan yang mengatur profesi tersebut.

Perkembangan pembahasan RUU ASN untuk disahkan menjadi UU ASN saat ini masih terus berjalan. Pemerintah bersama Komisi II DPR RI sampai saat ini masih berusaha untuk menemukan kesepakatan bersama tentang pembahasan materi RUU ASN ini.

Sebelum disahkan menjadi UU ASN, tentunya kita tunggu perkembangan selanjut tentang RUU Aparatur Sipil Negara (ASN) ini.

0 Comment :

Poskan Komentar

Terima kasih atas saran dan komentar membangun yang disampaikan. Komentar yang mengandung SARA, SPAM, Link Aktif dan Promosi, dengan segala maaf akan dihapus!