Persyaratan Peserta Sertifikasi Guru 2013

Persyaratan Peserta Sertifikasi Guru 2013
Persyaratan Peserta Sertifikasi Guru 2013 - Sertifikasi Guru 2013 merupakan tahun ketujuh pelaksanaan sertifikasi guru dalam jabatan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Pada penyelenggaraan sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2013 ada beberapa perubahan baik mekanisme penyelenggaraan maupun proses penetapan peserta.

Sasaran peserta sertifikasi guru dalam jabatan adalah guru yang memenui persyaratan. Peserta sertifikasi guru 2013 harus memenuhi syarat umum dan khusus untuk ditetapkan sebagai peserta sertifikasi guru.

Berikut merupakan persyaratan umum dan khusus peserta sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2013 sebagaimana dijelaskan pada Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru 2013.

1. Persyaratan Umum

a. Guru yang belum memiliki sertifikat pendidik dan masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kecuali guru Pendidikan Agama. Sertifikasi bagi guru Pendidikan Agama dan semua guru yang mengajar di madrasah diselenggarakan oleh Kementerian Agama dengan kuota dan aturan penetapan peserta dari Kementerian Agama (Surat Edaran Bersama Direktur Jenderal PMPTK dan Sekretaris Jenderal Departemen Agama Nomor SJ/Dj.I/Kp.02/1569/ 2007, Nomor 4823/F/SE/2007 Tahun 2007).

b. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.

c. Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
1) diangkat menjadi pengawas satuan pendidikan sebelum berlakunya Peraturan pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), dan
2) memiliki usia setinggi-tingginya 50 tahun pada saat diangkat sebagai pengawas satuan pendidikan.

d. Guru yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila:
1) pada 1 Januari 2013 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
2) mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

e. Sudah menjadi guru pada suatu satuan pendidikan (PNS atau bukan PNS) pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan tanggal 30 Desember 2005.

f. Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap minimal 2 tahun secara terus menerus dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK dari Bupati/Walikota.

g. Pada tanggal 1 Januari 2014 belum memasuki usia 60 tahun.

h. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter. Jika peserta diketahui sakit pada saat datang untuk mengikuti PLPG yang menyebabkan tidak mampu mengikuti PLPG, maka LPTK BERHAK melakukan pemeriksaan ulang terhadap kesehatan peserta tersebut. Jika hasil pemeriksanaan kesehatan menyatakan peserta tidak sehat, LPTK berhak menunda atau membatalkan keikutsertaannya dalam PLPG.

i. Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).


2. Persyaratan Khusus untuk Guru yang mengikuti Pemberian Sertifikat secara Langsung (PSPL)

a. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang memiliki kualifikasi akademik magister (S-2) atau doktor (S-3) dari perguruan tinggi terakreditasi dalam bidang kependidikan atau bidang studi yang relevan dengan mata pelajaran atau rumpun mata pelajaran yang diampunya, atau guru kelas dan guru bimbingan dan konseling atau konselor, dengan golongan sekurang-kurangnya IV/b atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/b.

b. Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang memiliki golongan serendah-rendahnya IV/c atau yang memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/c.

Di dalam Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru 2013 pada ketentuan umum penetapan peserta sertifikasi guru 2013 menjelaskan bahwa semua guru yang memenuhi persyaratan sebagaimana tersebut di atas mempunyai kesempatan yang sama untuk ditetapkan sebagai peserta sertifikasi guru.

Lebih lanjut tentang persyaratan peserta sertifikasi guru 2013 ini dapat dilihat dalam Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Tahun 2013.

2 Comment :

  1. BAGAIMANA CARA MENDAFTAR IKUT SERTIFIKASI

    BalasHapus
    Balasan
    1. update post di atas mrpkan sekilas gambaran yg diketahui yg mnjadi syarat umum dan khusus peserta sertifikasi guru 2013. jika Ibu Azima Yanti mrupkan calon peserta sertifikasi 2013, untuk alur, sasaran, tahap persiapan dan penetapan peserta sertifikasi, lebih lanjut informasi ini mungkin Ibu dapat melihatnya pada pedoman sbgaimana dimaksud atau menghubungi PSG di tingkat setempat.

      Hapus

Terima kasih atas saran dan komentar membangun yang disampaikan. Komentar yang mengandung SARA, SPAM, Link Aktif dan Promosi, dengan segala maaf akan dihapus!