2013 Indonesia Miliki Kurikulum Pendidikan Baru

2013 Indonesia Miliki Kurikulum Pendidikan Baru
Pada Tahun 2013 Indonesia akan memiliki kurukulum pendidikan nasional baru. Berlakunya kurikulum pendidikan baru ini rencananya akan dimulai bulan Februari 2013.

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, dan merupakan cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Keterkaitan kurikulum dengan pendidikan nasional tentunya menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum merupakan sarana yang sangat penting dan menunjang dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional.

Melihat makna dan pengertian Pendidikan nasional yang merupakan pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman, maka memang bukanlah menjadi sesuatu yang mengherankan jika kurikulum dapat berubah atau diperbarui dan terus berkembang.

Tahun 2013 Indonesia akan segera memiliki kurikulum pendidikan nasional baru. Berlakunya kurikulum pendidikan baru ini rencananya akan dimulai bulan Februari 2013. Kurikulum baru itu rencananya segera diterapkan setelah melewati uji publik beberapa bulan sebelumnya. "Pembahasannya masih berlangsung, nanti akan diuji publik, dan Februari 2013 semuanya akan rampung,", demikian seperti disampaikan oleh Mendikbud, Mohammad Nuh, dikutip dari Kompas (19/9).

M Nuh menjelaskan, kurikulum pendidikan yang baru akan menyentuh semua jenjang pendidikan, dari pendidikan dasar sampai ke pendidikan tinggi. Kurikulum baru itu merupakan hasil dari evaluasi pada seluruh mata pelajaran.

Tim penyusun kurikulum pendidikan baru dibagi dua, tim pertama mengevaluasi dan menyusun kurikulum pendidikan dasar serta pendidikan menengah, sedangkan tim kedua mengevaluasi dan menyusun kurikulum pendidikan tinggi.

M Nuh juga mengungkapkan, mengungkapkan bahwa pihaknya tidak "mengiblatkan" kurikulum dari negara asing tertentu. Kurikulum pendidikan baru ini merujuk pada negara-negara OECD, dan negara-negara yang memiliki karakter sangat kuat.

"Kita tidak fokus meniru pada satu negara asing tertentu. Tapi kita bisa tiru kekuatan karakter Jepang dan Korea. Mereka unggul dalam ilmu pengetahuan, tapi tetap menjunjung tinggi nasionalisme bangsanya,"

Kurikulum secara umum tentu akan selalu dievaluasi dan akan disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Setiap kurikulum juga memiliki kekhasan yang tentu sesuai dengan situasi kemajuan dan tuntutan zaman.

Perubahan kurikulum baru dari yang sebelumnya dan saat ini bernama KTSP, yang direncanakan berlaku 2013 nanti, sedikit banyak tentu akan dinilai beragam. Namun, mudah-mudahan dengan kurikulum baru tidak akan memberatkan bagi siapa saja yang saling berketerkaitan. Semoga dengan kurikulum baru akan membawa pembaharuan dan pencerahan pendidikan di Indonesia untuk lebih maju.

0 Comment :

Poskan Komentar

Terima kasih atas saran dan komentar membangun yang disampaikan. Komentar yang mengandung SARA, SPAM, Link Aktif dan Promosi, dengan segala maaf akan dihapus!